Doa Sehari-Hari dalam Hindu yang Perlu Diketahui Reviewed by Inputbali on . Inputbali,- Kehidupan adalah sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia sebagai salah satu ciptaan-Nya. Sebagai makhluk ciptaan-Nya paling tinggi Inputbali,- Kehidupan adalah sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia sebagai salah satu ciptaan-Nya. Sebagai makhluk ciptaan-Nya paling tinggi Rating: 0
You Are Here: Home » Budaya Bali » Doa Sehari-Hari dalam Hindu yang Perlu Diketahui

Doa Sehari-Hari dalam Hindu yang Perlu Diketahui





dewa tri murti

Inputbali,- Kehidupan adalah sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia sebagai salah satu ciptaan-Nya. Sebagai makhluk ciptaan-Nya paling tinggi tentu setiap manusia mempunyai pegangan(keyakinan) dalam menjalani kehidupan.

Dalam setiap agama tentu saja mempunyai doa-doa yang berbeda sesuai dengan keyakinan masing-masing. Kali ini inputbali akan membahas tentang doa sehari hari dalam Agama Hindu. Karena di Bali sendiri, yang mayoritas penduduknya adalah Hindu.Pengetahuan dan wawasan dalam doa sehari-sehari bisa dikatakan belum cukup merata diketahui pada setiap kalangan. Baik itu kalangan muda ataupun yang sudah berumur.

Pentingkah doa dalam aktifitas sehari-hari?

Tentu saja, karena dengan berdoa akan selalu mengingatkan kita akan keberadaan Tuhan dan memohon perlindungan-Nya, serta mengingatkan kita akan syukur dari segala aspek atas segala cobaan dan nikmat yang Tuhan selalu berikan kepada kita.

Berikut adalah doa sehari sehari dalam Hindu.

1.Pada waktu bangun pagi

Om, Utedanim bhagavantah syamota prapitva uta madhye ahnam, utodinau madhvantan tsuryasya vayam devanam sumantausyama.(Atharva Veda III.16.4)

Artinya :¬†“Ya Tuhan Yang Maha Pemurah! Jadikanlah kami selalu bernasib baik pada pagi hari ini, menjelang tengah hari, apalagi matahari tepat di tengah-tengah dan seterusnya. Semoga para Dewa berkenaan menganugharkan rakhmat-Nya kepada kami“.

 

2. Pada waktu makan

a.  Doa Menjelang makan

Om Ang kang kasol kaya isana ya namah, svasti-svasti sarva deva bhuta sukha, pradhana purusa sang yoga ya namah.

Artinya : Ya Hyang Widhi, yang bergelar Isana, hamba persembahkan seluruh makanan ini kehadapan-Mu, semoga semua makhluk berbahagia.

b. Doa Mulai Makan

Om Anugraha Amertadi sanjivani ya namah svaha.

Artinya : Ya Hyang Widhi, semoga makanan ini menjadi penghidupan hamba lahir bathin yang suci.

c. Doa Selesai Makan

Om Dhirgayur astu, avighnam astu subham astu Om Sriyam bhavantu, purnam bhavantu, ksama sampurna ya namah svaha.

Artinya : Ya Hyang Widhi, semoga makanan yang telah masuk ke dalam badan hamba memberi kekuatan, keselamatan, panjang umur dan tak kena halngan apapun. Demikian pula agar hamba mendapatkan kebahagiaan dan suka cita dengan sempurna.

3. Sebelum memulai pekerjaan atau kegiatan

Om Avighnam astu namasiddham.

Artinya : Ya Tuhan semoga tiada halangan dan berhasil.

4. Mohon perlindungan

Om Apasyam gopam anipadyamanam a ca para ca prthibhih carantam sa sadhricih sa visucir vasana.

Artinya : Ya Tuhan! hamba memandang Engkau Maha Pelindung, yang terus bergerak tanpa berhenti, maju dan mundur di atas bumi. Ia yang mengenakan hiasan yang serba meriah, muncul dan mengembara terus bersama bumi ini.

5. Doa Memulai Sesuatu Kegiatan

Om Avighnam astu namo sidham Om Sidhirastu tad astu astu svaha.

Artinya : Ya Hyang Widhi, semoga atas perkenan-Mu tiada suatu halangan bagi kami memulai pekerjaan (kegiatan) ini dan semoga sukses.

6. Doa Memohon Kesehatan

Om Vata a vatu bhesajam sambhu majobhu no hrde, pra na ayumsi tarisat.
(Rg Veda X.1986.1)

Artinya : Ya hyang Widhi, semoga Wayu menghembuskan angin sejuk-Nya kepada kami. Wayu yang memberikan kesehatan dan kesejahteraan kepada kami. Semoga Ia memberikan umur panjang kepada kami.

7.Doa Memulai Belajar

Om Agne naya supatha raye asman visvani deva vayunani vidvan, yuyodhyasmaj juhuranam eno bhuyistam te namauktim vidhema.
(Rg Veda I.189.1)

Artinya : Ya Hyang Widhi (Hyang Agni), tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar untuk mencapai kesejahteraan; Hyang Widhi yang mengetahui semua kewajiban, lenyapkanlah dosa kami yang menyengsarakan kami. kami memuja Engkau

8. Doa Sebelum Tidur

Om Yajjagrato duram udaiti daivam tad u suptasya tatha iva iti, durangamam jyotisam jyotir ekam tanme manah siva samkalpam astu.
(Yajur Veda XXXIV.1)

Artinya : Ya hyang Widhi, Engkau nampak jauh dari orang yang tidur, nampak jauh dari orang yang terjaga. Engkau sinar utama, yang nampak jauh itu, semoga pikiran kami senantiasa mengarah kepada Engkau, yang baik itu.

Semoga bisa bermanfaat untuk semeton, khususnya umat Hindu. Mohon maaf jika ada kesalahan kata dan kekurangan dari doa sehari-hari yang belum di jelaskan pada artikel ini. Jika ada kekurangan bisa di share untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan.

(sumber:babadbali.com)

 




comments

@inputbali_id

©2015 inputbali.com. Support by WijayaMedia | Privacy Policy | Disclaimer

Scroll to top