Makna Ngembak Geni Dalam Rangkaian Nyepi Di Bali Reviewed by Inputbali on . Inputbali,- Setiap tradisi, setiap budaya selalu memiliki makna dan sejarahnya. Seperti sejarah tentang Ngembak Geni yang biasa dilakukan oleh umat Hindu di Bal Inputbali,- Setiap tradisi, setiap budaya selalu memiliki makna dan sejarahnya. Seperti sejarah tentang Ngembak Geni yang biasa dilakukan oleh umat Hindu di Bal Rating: 0
You Are Here: Home » Budaya Bali » Makna Ngembak Geni Dalam Rangkaian Nyepi Di Bali

Makna Ngembak Geni Dalam Rangkaian Nyepi Di Bali





OgohBeten-1

Inputbali,- Setiap tradisi, setiap budaya selalu memiliki makna dan sejarahnya. Seperti sejarah tentang Ngembak Geni yang biasa dilakukan oleh umat Hindu di Bali pada khususnya. Ngembak Geni, dalam bahasa Bali memiliki pengertian yaitu Ngembak artinya bebas dan Geni artinya api. Jadi pengertian Ngembak Geni adalah bebas menyalakan api (dalam pengertian luas terbebas dan dapat kembali beraktifitas).

Ngembak Geni merupakan serangkaian tradisi setelah Nyepi. Yang mana sebelum Hari Raya Nyepi dilakukan Melasti, Pengerupukan (ngarak ogoh-ogoh) dan setelah Nyepi yaitu Ngembak Geni. Pada saat ngembak geni biasanya umat Hindu di Bali melakukan persembahyangan memanjat syukur dan memohon agan Tuhan senantiasa selalu memberikan perlindungan-Nya. Selain itu saat Ngembak Geni juga dilakukan Dharma Shanti (bersilaturahmi dan saling memaafkan), baik di lingkungan teman, keluarga maupun masyarakat.

Pada saat Ngembak Geni juga ada sebuah tradisi unik dari Desa Sesetan yaitu tradisi omed-omedan yang merupakan salah satu wujud dari Dharma Shanti (menjalin silaturahmi).




comments

@inputbali_id

©2015 inputbali.com. Support by WijayaMedia | Privacy Policy | Disclaimer

Scroll to top