Manfaat Puasa Saat Hari Raya Nyepi yang Dilupakan Reviewed by Inputbali on . Inputbali,- Setiap agama mempunyai perayaan Hari Raya Tahun Baru nya masing-masing. Sepertinya di Bali yang mayoratis adalah umat Hindu yang setiap setahun seka Inputbali,- Setiap agama mempunyai perayaan Hari Raya Tahun Baru nya masing-masing. Sepertinya di Bali yang mayoratis adalah umat Hindu yang setiap setahun seka Rating: 0
You Are Here: Home » Budaya Bali » Manfaat Puasa Saat Hari Raya Nyepi yang Dilupakan

Manfaat Puasa Saat Hari Raya Nyepi yang Dilupakan





1332501023489347082

Inputbali,- Setiap agama mempunyai perayaan Hari Raya Tahun Baru nya masing-masing. Sepertinya di Bali yang mayoratis adalah umat Hindu yang setiap setahun sekali merayakan Hari Raya Nyepi . Selain merupakan ajaran dari agama Hindu di Indonesia khususnya di Bali, Nyepi itu sendiri sudah melekat dan menjadi satu dengan Budaya Bali.

Ada 1 hal yang menarik pada hari Raya Nyepi yaitu berpuasa. Mungkin tidak banyak yang tahu atau sudah ada yang tahu tapi tidak banyak melakukan puasa saat Nyepi. Jika kalian bertanya kenapa berpuasa? apa manfaatnya? apakah puasa saat Nyepi itu kewajiban? Kali ini Inputbali akan memaparkan penjelasannya sebagai berikut:

1. Kenapa Berpuasa?

Tentu saja karena berpuasa itu mempunyai manfaat baik dari segi medis , psikologis dan spiritual. Oleh karena itu kenapa disetiap agama menganjurkan umatnya untuk berpuasa.

2. Apa Manfaatnya?

Manfaat berpuasa sangat banyak, misalnya saja dari segi medis. Banyak penelitian sudah dilakukan dan diketahui bahwa ketika berpuasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dari segi psikologis yaitu dapat menjadi sara kita untuk bisa belajar lebih sabar ,belajar menahan hawa nafsu dan dapat mengajarkan kita bersyukur karena ketika puasa tentu kita akan merasa lapar pada saat seperti itu kita dapat menyadari betapa beruntungnya kita setiap hari bisa makan bahkan bingung memilih makan apa sedangkan di luar sana masih banyak yang bingung bagaimana caranya makan. Dan yang terakhir dari segi spiritual, tentunya jika ingin melakukan meditasi dengan berpuasa akan mampu lebih mengkonsentrasikan pikiran supaya bisa terfokus satu arah menuju Tuhan Yang Maha Esa.

3. Apakah Puasa Saat Nyepi itu Kewajiban?

Mungkin lebih tepatnya puasa saat nyepi adalah pilihan. Bagi yang mampu, merasa masih sehat dan sudah tahu manfaat dari puasa akan lebih baik jika memilih untuk berpuasa. Contohnya saja diangkat dari cerita seorang teman penulis. Dia tahu akan manfaat berpuasa sesungguhnya dan ingin melaksaan puasa saat nyepi akan tetapi dia punya penyakit maag dan akhirnya seorang teman itu memilih untuk tetap puasa akan tetapi berpuasa untuk tidak makan tapi tetap minum air putih. Karena inti utama dari berpuasa adalah sebagai media untuk belajar bisa menahan dan mengontrol diri sendiri.

Penulis pun sudah pernah melakukan puasa dan semoga Nyepi yang akan datang ini masih bisa melaksanakannya dengan lacar dan para pembaca juga tergerak untuk melakukannya. Bagi yang ingin belajar atau pertama kali berpuasa saat Nyepi bisa melakukan setangah hari atau sampai anda merasa tidak kuat lagi. Kunci utama lancar melakukan puasa adalah jangan lupa sarapan dulu dengan masakan yang bergizi dan minum susu agar tidak lemas.

Sekian tentang artikel kali ini. Jika ada penjelasan yang salah atau masih kurang mohon tolong di koreksi. Mari kita belajar bersama-sama menjadi lebih baik.




comments

@inputbali_id

©2015 inputbali.com. Support by WijayaMedia | Privacy Policy | Disclaimer

Scroll to top