Omed-Omedan Tradisi Unik Dari Bali Reviewed by Inputbali on . Inputbali,-  Omed-omedan merupakan sebuah upacara yang ada biasanya diadakan setiap tahun setelah Hari Raya Nyepi oleh pemuda-pemudi Banjar Kaja, Sesetan Denpas Inputbali,-  Omed-omedan merupakan sebuah upacara yang ada biasanya diadakan setiap tahun setelah Hari Raya Nyepi oleh pemuda-pemudi Banjar Kaja, Sesetan Denpas Rating: 0
You Are Here: Home » Budaya Bali » Omed-Omedan Tradisi Unik Dari Bali

Omed-Omedan Tradisi Unik Dari Bali





omed

Inputbali,-  Omed-omedan merupakan sebuah upacara yang ada biasanya diadakan setiap tahun setelah Hari Raya Nyepi oleh pemuda-pemudi Banjar Kaja, Sesetan Denpasar,Bali. Omed-omedan berasal dari bahasa Bali yang artinya tarik-tarikan. Asal mula upacara ini tidak diketahui secara pasti, namun telah berlangsung lama sejak nenek moyang dan dilestarikan secara turun temurun.

Omed-omedan melibatkan sekaa teruna teruni atau pemuda-pemudi yang berumur 17 hingga 30 tahun dan belum menikah. Prosesi omed-omedan dimulai dengan persembahyangan bersama untuk memohon keselamatan. Kemudian laki-laki dan perempuan akan dipisah menjadi 2 kelompok yang nantinya satu per satu mereka akan di arak atau di gotong oleh kelompok masing-masing dan kemudian akan berciuman, setelah itu dalam beberapa detik mereka akan di guyur oleh beberapa ember air saat berciuman.


Ini merupakan salah satu tradisi atau budaya bali  yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing, Karena biasanya kaum pria terlihat lebih bersemangat dan kaum perempuan lebih malu-malu yang selalu mengudang tawa dari penonton. Omed-omedan merupakan sebuah tradisi yang sudah dilakukan turun temurun dari jaman nenek moyang.

 




comments

@inputbali_id

©2015 inputbali.com. Support by WijayaMedia | Privacy Policy | Disclaimer

Scroll to top