Keindahan di Ujung Barat Pulau Bali Reviewed by Inputbali on . Inputbali,- Bali the Island of Paradise atau lebih tepatnya Bali the Island of God tidak akan pernah habis untuk dibahas oleh karena itu Bali menjadi salah satu Inputbali,- Bali the Island of Paradise atau lebih tepatnya Bali the Island of God tidak akan pernah habis untuk dibahas oleh karena itu Bali menjadi salah satu Rating: 0
You Are Here: Home » Objek Wisata » Keindahan di Ujung Barat Pulau Bali

Keindahan di Ujung Barat Pulau Bali





taman-nasional-bali-barat

Inputbali,- Bali the Island of Paradise atau lebih tepatnya Bali the Island of God tidak akan pernah habis untuk dibahas oleh karena itu Bali menjadi salah satu pintu masuk wisatawan asing yang sangat populer bahkan banyak wisatawan asing lebih familiar dengan nama Bali daripada nama Indonesia.

Ketika berbicara tentang Bali, yang pertama terlintas di benak adalah hangatnya mentari pagi di Pantai Sanur, menikmati sunset Pantai Kuta, garis pantai nan menawan di Uluwatu, kearifan lokal di Ubud dan Tenganan atau gemerlap dunia malam dikawasan Legian. Rute wisata yang sangat populer di Bali adalah Bali Selatan, Bali Timur dan Bali Utara, lalu ada apa dengan Bali Barat ?

Coba bergeser ke Bali Barat, wilayah ini sering terlupakan dari perhatian para wisatawan padahal objek-objek yang disuguhkan sangatlah menarik dan variatif. Mungkin karena kurangnya media informasi dan promosi sehingga tempat-tempat menarik di Bali Barat kurang gaungnya.

Taman Nasional Bali Barat, berada di ujung barat pulau Bali dekat dengan pulau Jawa dengan luas area sekitar 19.002,89 Ha yang terdiri dari 15.587,89 Ha berupa wilayah daratan dan 3.415 Ha berupa perairan yang secara administratif terletak di Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Buleleng. Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu kawasan pelestarian alam di Bali yang memiliki ekosistem asli dan merupakan habitat terakhir bagi burung Curik Bali atau dikenal dengan Jalak Bali (Leucopsar Rothschildi).

Taman Nasional Bali Barat di Kelola dengan sistem zonasi, diantara nya :
1. Zona Inti
2. Zona Rimba
3. Zona perlindungan bahari
4. Zona pemanfaatan
5. Zona budaya, religi dan sejarah
6. Zona Khusus, dan
7. Zona Tradisional
Taman Nasional Bali Barat dapat dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan, penelitian, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

DCIM100GOPROG0013647.

Taman wisata alam Bali Barat merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang di peruntukan untuk kawasan wisata dan rekreasi yang berbasis ecotourism yang akan di proyeksikan menjadi proyek percontohan Taman Wisata di dalam kawasan Taman Nasional dengan luas zonasi yang tidak lebih dari 10% dari total luas kawasan Taman Nasional. Di Taman Wisata Bali Barat sangat dijaga keseimbangan alamnya sehingga tidak menganggu habitat yang bernaung didalamnya dan dilarang keras untuk merokok di dalam kawasan tersebut.

DCIM100GOPROG0033890.

Bali bukan hanya pantai Kuta, Sanur, Uluwatu ataupun Ubud tetapi Bali masih banyak memiliki tempat wisata. Salah satunya di Bali bagian barat dengan akses jalan utama menuju kota Denpasar membuat Bali Barat dapat ditempuh dengan nyaman baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Perjalanan dapat ditempuh dengan jarak 2 km dari pelabuhan Gilimanuk dan 3 jam perjalanan dari kota Denpasar. Jadi tidak ada salahnya mencoba mengunjungi Bali Barat saat liburan ke Bali untuk menikmati keindahan pesona Bali bagian barat dan melihat salah satu satwa endemik pulau Bali yaitu Jalak Bali.




comments

@inputbali_id

©2015 inputbali.com. Support by WijayaMedia | Privacy Policy | Disclaimer

Scroll to top