Inputbali,- Sangat membanggakan kinerja dari Pemerintah Provinsi Bali, yang telah berusaha dengan matang menyiapkan rencana untuk mementaskan sembilan tarian Bali dalam sidang UNESCO di Namibia, Afrika, 1-2 Desember mendatang.

taribali

Sembilan Tari Bali yang akan dipentaskan tersebut rencananya akan dipantenkan sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda oleh UNESCO, yang merupakan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Menurut Pendapat dari Dewa Putu Beratha, yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, mengatakan bahwa akan banyak dampak positif yang didapat jika Tari Bali menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO.

“Setelah dipatenkan nanti, jika ada negara lain mengklaim ataupun dipentaskan di negara lain kita bisa mengajukan banding karena ini merupakan tarian Bali. Selain itu kita akan mendapatkan keuntungan secara ekonomi dari hasil banding tersebut,” ujar Dewa Putu Beratha di Denpasar, Bali, Kamis (26/11/2015).

Sembilan tari Bali yang diusulkan untuk mendapatkan penetapan sebagai Warisan Budaya Dunia adalah sebagai berikut

  1. Tari Barong Ket
  2. Tari Joged
  3. Tari Legong Kraton
  4. Drama Tari Wayang Wong
  5. Drama Tari Gambuh
  6. Topeng Sidakarya
  7. Baris Upacara
  8. Tari Sanghyang
  9. Tari Rejang.

Sebelum berangkat ke Namibia, rencananya akan dilakukan gladi resik pada pukul 09.00 Wita, Jumat (27/11/2015) hari ini, di Gedung Art Centre-Denpasar.

(sumber:bali.tribunnews.com)

Like & Share Jika Bermanfaat
...

Berikan Komentar

Komentar

Leave comment

Follow UsJangan lupa di follow semeton, untuk mendapatkan berita terbaru dari Inputbali