Mendagri sampaikan langkah pokok pengendalian inflasi di daerah

inputbali.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan sembilan langkah pokok pengendalian inflasi di daerah.

“Sembilan langkah tersebut dapat menjadi panduan bagi daerah untuk mengendalikan inflasi,” kata Mendagri Tito Karnavian di Jakarta Senin.Mendagri menjelaskan langkah pertama adalah melakukan pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan yang tersedia. Berikutnya, menurut dia yakni dengan melaksanakan rapat teknis tim pengendalian inflasi daerah (TPID).

“Karena tidak mungkin (pengendalian inflasi) diatasi sendiri oleh pemerintah daerah, (tetapi upaya ini) yang melibatkan dari BI, BPS, kemudian TNI, Polri, para distributor, dan lain-lain,” kata Mendagri.

Mendagri melanjutkan langkah berikutnya yakni menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting. Kemudian, kata dia melaksanakan pencanangan gerakan menanam, seperti bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan lain sebagainya di pekarangan, maupun yang dikoordinir oleh jajaran TNI dan Polri.

Upaya selanjutnya yaitu melaksanakan operasi pasar murah bersama dinas terkait. Langkah berikutnya yakni pemerintah daerah bersama tim penanganan inflasi daerah juga perlu melakukan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang.

Kemudian, lanjut Mendagri Tito Karnavian daerah perlu berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditas untuk kelancaran pasokan.“Kemudian juga bisa melakukan instrumen anggaran yaitu BTT (belanja tidak terduga) serta bansos. Juga bantuan transportasi dari APBD, ini ada dua persen dana transfer umum yang dialokasikan Kemenkeu kepada daerah. Ini agar dari DAU dan DBH untuk mengendalikan inflasi,” ujar Mendagri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!