Menlu AS tak berencana bertemu Rusia atau China dalam pertemuan G20

inputbali.com – Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken pada Rabu mengatakan bahwa dia tak berencana bertemu baik dengan Menlu Rusia maupun China selama pertemuan G20 di New Delhi.

Blinken melakukan kunjungan singkat ke Kazakhstan dan Uzbekistan sebelum terbang ke ibu kota India untuk pertemuan para menteri luar negeri G20. Isu perang Ukraina akan menjadi salah satu pembahasan penting dalam perjumpaan tersebut.

Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menlu China Qing Gang akan hadir dalam pertemuan tersebut.

“Tidak ada rencana untuk bertemu (China atau menteri luar negeri Rusia) di G20, meskipun saya menduga bahwa kami pasti akan berada dalam sesi kelompok atau semacam itu,” kata Blinken kepada wartawan di ibu kota Uzbekistan.

Lavrov sebelumnya mengatakan bahwa dia berniat untuk bertemu dengan setidaknya tujuh menteri luar negeri sebelum India menggelar acara jamuan makan malam bagi para delegasi dari 40 negara pada Rabu.

Adapun pertemuan utama G20 akan diadakan pada Kamis.

Dalam lawatannya ke Kazakhstan dan Uzbekistan, Blinken bertemu dengan rekan-rekannya dari kelima negara Asia Tengah menjelang pertemuan para menteri luar negeri G20.

Asia Tengah dulunya dikuasai oleh Uni Soviet, dan kini memiliki hubungan dagang yang kuat dengan Beijing.

Amerika Serikat terus terlibat dalam kegiatan diplomatik guna menggalang dukungan dunia untuk menentang invasi Rusia ke Ukraina yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun.

Tuan rumah India menyebut perang di Ukraina bakal menjadi poin diskusi yang penting, tetapi masalah-masalah yang berkaitan dengan ketahanan pangan, energi dan pupuk, dampak konflik di Ukraina terhadap tantangan ekonomi juga akan menjadi fokus pertemuan para menteri luar negeri G20 itu.

Sumber: Reuters

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!