Profil, Biodata dan Fakta Menarik Acil Eks Pelatih RRQ Hoshi

inputbali.com – Berita perpisahan RRQ dengan Acil menjadi headline berbagai media esports dan game hari ini. Pengumuman perpisahan Acil terpantau diunggah sekitar pukul 22.00 WIB, Senin (23/1) melalui akun ofisial Team RRQ.

Nama “Acil” memang tidak asing di scene esports Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), terlebih bagi Kingdom (sebutan untuk fans RRQ). Acil yang bernama lengkap Adi Syofian Asyauri memang mudah dikenali di antara skuad RRQ Hoshi. Sebagai coach, pembawaannya cukup ramah dan supel. Meski begitu, Acil juga dikenal sebagai pribadi yang tegas, lugas (atau bahkan ada yang menilainya keras… dengan keputusannya).

Acil mengawali karier kepelatihan profesional di RRQ Hoshi pada MPL ID Season 4. Namun, ia sejatinya sudah lebih dulu terjun ke kancah esports tatkala bergabung ke Divisi Dota 2 Rex Regum Qeon. Setelah RRQ menutup divisi Dota2, Acil didapuk menangani tim Mobile Legends:Bang-Bang pada tahun 2019, yang ketika itu MLBB sedang tumbuh menjadi scene esports profesional di Indonesia.

Sejak 2019, Acil pun mencurahkan tenaga dan pikirannya sebagai pelatih di kancah MLBB. Selain menangani RRQ Hoshi, ia sempat membidani tim Genflix Aerowolf. Acil kemudian kembali ke RRQ Hoshi di MPL ID Season 7. Setelah kebersamaan di dua tahun terakhir, Acil akhirnya memutuskan tidak memperpanjang kontraknya bersama tim “Sang Raja”. Boleh jadi, pencapaian RRQ Hoshi di Kejuaraan Dunia M4 pada Januari ini masuk sebagai evaluasi. Acil pun pamit.

Berikut profil dan biodatanya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Profil dan Fakta RRQ Acil

Berawal dari DOTA 2
Jauh sebelum Mobile Legends dirilis, Acil sudah mengenal game MOBA yang populer yakni DOTA 2. Mulai bermain sejak usia SMP, ia lantas menguji kemampuannya dengan bergabung ke tim Supernova. Acil mulai aktif mengikuti berbagai turnamen DOTA 2 dan mencetak berbagai prestasi. Kebetulan di masa itu RRQ (Rex Regum Qeon) juga tengah membangun divisi DOTA 2. Acil pun direkrut. Tapi, belum lama berkiprah, RRQ menutup Divisi Dota 2 pada 2019.

Banting Setir ke Mobile Legends
Usai divisi DOTA 2 dibubarkan, Acil pun pindah ke divisi Mobile Legends di RRQ. Menjadi pelatih, ia berhasil membawa RRQ Hoshi ke Grand Final MPL Season 4 dan jadi juara 2 di M1 World Championship.

Keluar dan Kembali ke RRQ
Acil keluar dari RRQ dan bergabung di Aerowolf sejak pertengahan MPL ID Season 5. Ia kemudian menjadi pelatih Genflix Aerowolf. Namun ia kembali ke Team RRQ di MPL ID Season 7. Meski dan membawa Sang Raja RRQ ke M3 World Championship.

Masuk Timnas SEA Games
Acil terpilih menjadi asisten pelatih timnas MLBB di SEA Games 2021. Ia mendampingi James Chen yang menjabat pelatih utama. Indonesia berhasil melaju ke final, namun akhirnya finish sebagai runner-up dan membawa pulang medali perak di SEA Games 2021.

Fakta Menarik RRQ Acil

Entah Apa yang Salah
Yup, ada fakta menarik soal kiprah Acil dan raihan RRQ Hoshi di ajang turnamen resmi. Seperti jejak tapak tilas Acil yang dijelaskan di atas, ia belum pernah meraih atau mempersembahkan gelar juara untuk RRQ Hoshi dengan kapasitas sebagai pelatih. Yup, mungkin agak mengherankan, bisa juga lucu atau bahkan ada yang mengaitkannya dengan hal metafisika hingga cocoklogi. Yup, dari empat gelar juara MPL yang diraih RRQ yakni season 2,5,6 dan 9, Acil tak merasakannya sebagai pelatih.

Fakta dan sejarah unik itu bisa ditarik ketika Acil membawa RRQ Hoshi ke final MPL ID S4 namun kalah dari Evos Legends. Selanjutnya, RRQ Hoshi harus puas menjadi runner-up di Kejuaraan Dunia MLBB seri perdana M1 setelah kalah dari Evos Legends. Rivalitas kedua tim semakin membara. Dua kali Acil menjadi pelatih tim RRQ sebagai runner-up, ia kemudian hijrah menukangi tim Genflix Aerowolf.

Acil kembali ke pangkuan RRQ Hoshi di MPL ID S7. Ia pun disambut tantangan, termasuk proses transisi yang terjadi di tubuh tim. RRQ Hoshi terpuruk di playoff. Tangan dingin Acil sebagai pelatih berubah di musim berikutnya. Tampil apik di reguler season, RRQ Hoshi kembali ke panggung final. Namun, lagi-lagi Acil harus puas sebagai runner-up, setelah kalah dari ONIC Esports. Rival pun bertambah, bukan hanya dengan tim Macan Putih- Evos Legends, kini tercipta derby sesama “raja” dengan ONIC Esports, sang raja langit atau galaksi.

Acil membawa RRQ Hoshi tampil ketiga kalinya di M-series. Namun, mereka harus puas finish di 6 besar kalah dari Blacklist International. Fakta unik tercipta di MPL ID S, dimana RRQ Hoshi berhasil menjadi juara. Namun, saat playoff, Team RRQ mengubah susunan tim kepelatihan dan menempatkan Acil sebagai Analyst. RRQ Hoshi juara dimana Fiel sebagai coach.
Di MPL ID S 10, Acil berhasil menjaga performa RRQ Hoshi di musim reguler. Dan, lagi-lagi, ketika berhasil mencapai partai pamungkas, RRQ Hoshi di bawah kepelatihan Acil kembali harus puas sebagai runner-up, setelah lagi-lagi kalah dari ONIC Esports.

Yup! Tercatat lima kali Acil harus menelan pil pahit tatkala timnya (RRQ Hoshi) kalah di laga grand final.

Biodata RRQ Acil
Nama: Adi Syofian Asyauri
Nickname in-game (IGN): Acil / RRQ Acil
Tanggal lahir: 4 September 1992
Umur: 30 tahun (2022)
Asal: Tangerang
Agama: Islam
Status jabatan: Head coach di RRQ Hoshi (eks)
Instagram: @rrq_acil322 / terbaru : acil.2.0 (https://www.instagram.com/acil.2.0/)
YouTube: Acil322

Rencana Acil ke Depan

Agaknya Acil akan mengambil waktu sebentar untuk rehat dari scene kompetitif MLBB. Memang, sempat beredar rumor Bigetron tengah mencari pelatih baru untuk BTR Alpha, namun tim “robot merah” sudah resmi mengumumkan Susu Gajah sebagai pelatih.
Acil mungkin bisa mengikuti langkah beberapa figur pemain maupun manajer tim pro yang kemudian tetap dekat dengn scene MLBB sebagai streamer maupun konten kreator. Well, hal ini tentu akan mudah bagi Acil, apalagi jika dirinya masih bergabung di manajemen RRQ meski tak lagi sebagai pelatih. Tentu banyak yang menantikan kiprh Acil selanjutnya. Terlepas dari pencapaiannya, kita sebagai publik fans MLBB patut berterima kasih atas sumbangsih dan kiprah Acil di kancah MPL ID dan esports Indonesia.

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Rekt Soal Bocoran Roster EVOS Legends MPL ID S11, Hampir Pasti!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!